Sunday, June 2, 2024

BEDAH KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL PKN SAS 2 KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA 2024

 

  • Disajikan ilustrasi tentang bentuk negara, peserta didik dapat merinci bentuk  negara Republik Indonesia dengan benar. soal nomor 1,

NKRI memiliki bentuk pemerintahan republik dan sistem politik demokrasi. Sebagai sebuah negara kesatuan, NKRI memiliki ciri khas dalam struktur pemerintahannya

  • Disajikan pernyataan tentang gotong royong, peserta didik dapat memperkirakan cara membangun tim gotong royong yang solid dengan benar. soal nomor 2,22, 31

cara membangun tim gotong royong yang solid :

memiliki tujuan yang sama

pembagian tugas yang jelas

keterbukaan dan kejujuran

koordinasi

empati dan solidaritas

membangun rasa percaya

  • Disajikan pernyataan tentang keragaman, peserta didik  dapat menganalisis contoh sikap dalam membina persatuan dan kesatuan memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Indonesia dengan benar. soal nomor 3

contoh sikap dalam membina persatuan dan kesatuan memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Indonesia :

Kerja Bakti Membersihkan Ruang Kelas ·

Piket Menjaga Keamanan Sekolah ·

Menjenguk Teman Kelas yang Sakit ·

Menghormati Teman yang Berbeda Agama

  • Disajikan pernyataan tentang gotong royong, peserta didik dapat menentukan sila dalam Pancasila tentang gotong royong dengan benar. soal nomor 4

Secara garis besar gotong royong termasuk dalam sila ketiga dalam pancasila yaitu persatuan indonesia

  • Disajikan ilustrasi tentang kebutuhan makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan arti dari makhluk sosial dengan benar. soal nomor5

Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia sebagai warga masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Meskipun dia mempunyai kedudukan dan kekayaan, dia selalu membutuhkan manusia lain.

  • Disajikan pernyataan tentang kegiatan ekonomi, peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh kegiatan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan dengan benar. soal nomor 6

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa.

 contoh pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin batik yang membuat batik, industri garmen yang menghasilkan pakaian,

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen.

Orang yang melakukan distribusi disebut distributor. Distributor sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yakni pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan juga perantara.. Contoh distribusi misalnya grosir sembako yang menjual produk dari produsen kepada masyarakat (konsumen).

Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis.

  •  Disajikan ilustrasi tentang pencemaran lingkungan peserta didik dapat menentukan akibat dari pencemaran air dengan baik. soal nomor 7

akibat dari pencemaran air :

merusak ekosistem sungai

menjadi sumber penyakit

kekurangan air bersih,dll

  • Disajikan pernyataan tentang musyawarah mufakat, peserta didik dapat menafsirkan contoh sikap dalam bermusyawarah untuk menjaga keutuhan NKRI dengan benar. soal nomor 8

contoh sikap dalam bermusyawarah untuk menjaga keutuhan NKRI :

Menghargai pendapat orang lain;

Tidak memaksakan kehendak pada orang lain

Mentaati peraturan musyawarah

Mau menghargai suara terbanyak

Mampu mengendalikan diri

Menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah

  • Disajikan pernyataan tentang kepedulian, peserta didik dapat menafsirkan contoh sikap sosial dengan benar. soal nomor 9

contoh sikap sosial

Sikap sosial  seseorang akan terlihat sedang melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Sikap sosial tercermin dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli/ empati, solidarita, santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan

  • Disajikan pernyataan tentang sungai, peserta didik dapat menafsirkan contoh sikap dalam memelihara kelestarian sungai dengan benar. soal nomor10

contoh sikap dalam memelihara kelestarian sungai :

Tidak Membuang Sampah di Sekitar Sungai

Tidak Membuang Limbah Jenis Apapun ke Aliran Sungai.

Tidak Memancing Ikan di Sungai dengan Bahan Peledak.

Tidak Meracuni Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Sungai

Menanam Banyak Tumbuhan di Sekitar Sungai.

  •  Disajikan pernyataan tentang paham/aliran, peserta didik dapat merinci perilaku yang dapat merusak keutuhan NKRI dengan benar. soal nomor 11

perilaku yang dapat merusak keutuhan NKRI

Anarkisme adalah sebuah paham yang berorientasi pada kebebasan individualisme. Contoh : pelanggaran terhadap aturan di sekolah, tidak patuh terhadap guru serta berlaku semaunya di sekolah.

Fanatisme adalah sebuah tindakan mengunggulkan sebuah paham atau hal dan menganggap hal lain itu buruk dan tidak sebaik hal atau paham yang diidolakannya. Contoh : bentuk fanatisme dapat berupa tindakan menyombongkan diri karena bisa masuk jurusan A sedangkan jurusan lainnya dianggap lebih rendah.

Diskriminasi adalah hal yang bisa terjadi di sekolah, tindakan ini bersifat mengecualikan kelompok tertentu. Misalnya siswa yang dianggap miskin tidak akan diundang dalam acara perpisahan, siswa yang berkulit hitam dilarang ikut ekskul

radikalisme adalah paham atau perilaku menggunakan kekerasan dalam menyikapi perbedaan, memecahkan masalah.

  • Disajikan pernyataan tentang keutuhan NKRI, peserta didik dapat menyimpulkan contoh faktor yang memperkuat Keutuhan NKRI dengan benar.soal nomor 21, 23

Menaati peraturan yang berlaku.

Menghormati dan menghargai perbedaan dalam masyarakat.

Mengutamakan musyawarah dalam lingkungan masyarakat.

Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Saling menolong antar anggota masyarakat.

Saling rukun anatr teman

Tidak memandang rendah orang lain,dll

  •  Disajikan pernyataan tentang keluarga, peserta didik dapat menyeleksi contoh pelaksanaan gotong royong di lingkungan keluarga dengan benar. soal nomor 24

Gotong royong membersihkan ruangan di rumah.

Gotong royong membersihkan rumput liar di depan rumah.

Membantu ibu memasak makanan.

Membantu adik mengerjakan tugas.

Membantu ayah reparasi kendaraan atau rumah.

Gotong royong membersihkan taman rumah

  •  Disajikan ilustrasi tentang kebutuhan hidup, peserta didik dapat menganalisis segala bentuk kebutuhan individual dengan benar. soal nomor 25,34

Contoh kebutuhan individu :

Makan

Tidur atau Istirahat

Minum

Pakaian

Rumah

Contoh kebutuhan kelompok / kolektif

  Jalan raya

  Jembatan

  Waduk atau bendungan

  Rumah sakit

  Mall dan pasar

  Transportasi umum

  Stasiun, halte, pelabuhan, bandara

  Restoran dan kafe

  Tempat ibadah

  Aula atau balai pertemuan

  • Disajikan pernyataan tentang budaya nasional, peserta didik dapat menyimpulkan contoh perwujudan budaya nasional dengan benar. soal nomor 32

Terdapat empat kebudayaan yang menjadi kebudayaan nasional Indonesia, yaitu bahasa Indonesia, musyawarah, gotong royong, dan batik

  •  Disajikan pernyataan tentang gotong royong, peserta didik dapat menelaah manfaat dari gotong royong dengan benar. soal nomor33

Manfaat dari gotong royong :

Menjalin rasa solidaritas dalam masyarakat.

Menciptakan kehidupan masyarakat dan lingkungan yang bersih, aman, nyaman, serta tenteram untuk ditinggali.

Memperingan atau mempermudah pekerjaan.

Mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Menghemat biaya.dll

  •  Disajikan pernyataan tentang NKRI, peserta didik dapat menyimpulkan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan benar. soal nomor35

Makna Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI adalah suatu bentuk negara yang terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dengan bermacam adat, suku, keyakinan serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.


Latihan Soal SAS 2 PKN Kelas 4 tahun 2023/2024




0 comments:

Post a Comment