Monday, June 3, 2024

BEDAH KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA SAS 2 KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA 2024

Berdoa dulu sebelum belajar yaa.... 

Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan  jenis teks dengan benar, soal nomor 1

  •  Teks prosedur adalah teks yang berisi cara untuk membuat atau melakukan sesuatu. Teks ini terdiri dari tahapan-tahapan serta memiliki struktur kalimat imperatif berupa perintah.
  • Teks deskripsi adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, tempat, atau situasi secara rinci

Disajikan teks, peserta didik mampu menganalisis tanggapan yang sesuai dengan isi cerita dengan benar.soal nomor 3,5,20

  • Tanggapan adalah ucapan yang kita berikan sebagai bentuk reaksi dari pengalaman pancaindera, seperti melihat, mendengar, meraba, mencium, serta merasakan sesuatu.
  • Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat berupa pujian atau kritik secara objektif dan santun. Objek pada teks tanggapan antara lain; karya seni, kebijakan pemerintah, fenomena sosial, makanan, pakaian, dan lain

Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan amanat dengan benar. soal nomor 4

  • Amanat adalah pesan kebaikan yang disampaikan pengarang melalui cerita. Amanat ini sendiri nsangat berhubungan dengan sebab-akibat. Amanat dapat kita petik dari dari yang kita pelajari untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan teks dengan benar 17,23

  •  Kalimat petunjuk adalah kalimat yang memberi arahan soal bagaimana sesuatu harus dilakukan. Kalimat petunjuk juga berfungsi sebagai pemberi arahan kepada pembaca, tentang bagaimana mereka harus melakukan suatu hal. 

 Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan konjungsi dengan benar. soal nomor 9,28.14

  • Konjungsi atau kata sambung adalah penghubung kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya yang tidak memiliki tujuan atau maksud lain.

Contoh konjungsi : dan, atau, sehingga, karena, kemudian,dll

 

Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan kesimpulan dari teks dengan benar.soal nomor7

Cara Menentukan Kesimpulan Bacaan:

  • Membaca Bacaan dengan Cermat dan Teliti.
  • Menentukan Kalimat Utama Paragraf.
  • Menentukan Ide Pokok Paragraf.
  • Menulis Intisari bagian Kalimat Pokok.
  • Merangkai Kesimpulan Paragraf menjadi Kesimpulan Bacaan
  •  

Disajikan kata, peserta didik dapat Menyusun urutan kata sesuai kaidah KBBI soal nomor 29

Cara Mencari Makna Kata dalam Kamus Cetak : 

  • Tentukan kata dasar dari kata yang ingin dicari maknanya.
  • Tentukan huruf pertama dari kata dasar tersebut.
  • Selanjutnya, buka halaman kamus sesuai dengan melihat abjad yang ada di sisi kamus.
  • Contoh : buku, bola, Bali, bumi, aki, cumi  jika disusun menjadi aki, Bali,bola, buku,bumi,cumi

Disajikan kata peserta didik dapat membuat kalimat lengkap ( S-P-O-K ) dengan benar.soal nomor30

  • Pola kalimat SPOK merupakan sebagian dari kata-kata yang memiliki fungsi tersendiri. SPOK merupakan singkatan dari subjek, predikat, objek, dan kata keterangan. Dalam pola kalimat SPO ini, subjek (subject) bertindak sebagai pelaku, kata kerja (predicate) merujuk pada tindakan, dan objek (object) adalah penerimaan dari tindakan tersebut.

Contoh : Ibu memasak sayur di dapur

Ibu = S, memasak = P, sayur = O, di dapur Ket tempat

Disajikan larik puisi, peserta didik mampu menentukan majas metafora dan personifikasi dengan benar.soal nomor22

  • Majas metafora adalah majas yang memakai kata atau kelompok kata yang mengacu pada suatu objek, tetapi bukan dengan arti yang sebenarnya.

Contoh  majas metafora:

  • kembang desa= gadis tercantik
  • panjang tangan = suka mencuri
  • besar kepala = sombong

  • Majas personifikasi adalah cara penyampaian melalui kiasan. Sementara personifikasi adalah pengumpamaan benda mati sebagai manusia

Contoh :

  • Matahari tersenyum menyambut pagi
  • Daun kelapa melambai tertiup angin

Disajikan teks, peserta didik dapat menganalisis ciri fable dengan benar.soal nomor24

Ciri-ciri Cerita Fabel

  • Tokoh utama cerita diperankan binatang.
  • Setiap tokoh berperilaku layaknya manusia yang dapat berbicara dan berpikir.
  • Alur cerita sederhana dan biasanya pendek.
  • Cerita menggambarkan karakter, moral manusia, dan kritik perihal kehidupan.

 Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan makna  kosa kata baru dalam teks .soal nomor 6,26

Cara Mencari Kosakata Baru dalam Teks

  • Baca seluruh kalimat serta kata sebelum dan sesudahnya.
  • Gunakan konteksnya untuk memahami arti dari kosakata tersebut.
  • Pahami topik teksnya, apakah kata tersebut berhubungan dengan subjek teks atau tidak?
  • Apakah kata tersebut memiliki awalan atau akhiran

 Merantau : pergi mencari penghidupan di tanah rantau atau pergi ke negeri lain untuk mencari penghidupan, ilmu, dan sebagainya.

 migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap.

purba adalah dahulu atau tentang zaman yang ribuan atau jutaan tahun yang lalu.

pendatang adalah orang asing yang datang ke suatu daerah dan bukan merupakan penduduk asli daerah tersebut dimana orang tersebut lahir dan berasal dari tempat lain.

Disajikan kalimat, peserta didik mampu membedakan kalimat transitif dan intransitive.soal nomor 25

  • Kalimat transitif memerlukan objek atau benda. Contoh : Adik sedang menggambar boneka
  • Kalimat intransitif tak memerlukan objek. Contoh : Adik sedang tidur

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan fakta/ opini dari pernyataan yang disajikan dengan benar,soal nomor 8,10,13,19

Fakta adalah hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Contoh : Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Pancasila

Opini suatu sikap pikiran seseorang terhadap persoalan yang ada dan kebenarannya masih perlu dibuktikan.Contoh : Nasi goreng ini rasanya kurang enak. 


LATIHAN SOAL SAS 2 BAHASA INDONESIA KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA

0 comments:

Post a Comment